Gulai Jruék Drién Kuliner Khas Aceh dari Asam Durian

Kuah Jruek yang sedang dimasak
          Aykas Site - Durian adalah buah manis dengan banyak duri di sekeliling kulit luar buahnya, tahukah anda selain untuk disantap sebagai buah-buahan ternyata durian bisa diolah menjadi berbagai kuliner seperti durian yang di campur santan dan dimasak bisa menjadi kuah durian yang dipadukan dengan Ketan masak yang menciptakan rasa luar biasa lezatnya, ataupun menjadi sayuran pendamping nasi, di Jambi misalnya terdapat Tempoyak atau makanan yang diolah dari durian yang di fregmentasikan, di Padang pun terkadang ikan lele diolah dengan durian hasil fregmentasi.
          Bahkan, hidangan yang terbuat dari fregmentasi durian ini juga terdapat di Aceh, atau lebih dikenal dengan Asam Drien (Durian yang di asamkan), namun ada juga yang menyebutnya "Gulee Jruék Drién" atau gulai jeruk durian, disebut Jruék Drién, karena berasal dari durian yang di fregmentasikan ke dalam toples yg kemudian didiamkan selama beberapa hari sehingga menjadi asam, yang kemudian menjadi bahan utama gulai ini, adapun yang membedakan antara gulai ini dengan tempoyak adalah gulai ini lebih banyak menggunakan sayur-sayuran dan menggunakan santan untuk membuatnya lebih kental.
          Namun, jangan heran jika anda ke aceh dan bertanya ke orang-orang tentang gulai ini tidak banyak yang mengetahui, karena gulai ini hanya populer di kawasan Barat-Selatan Aceh, kebetulan penulis berasal dari Barat-Selatan Aceh sehingga mengetahui tentang gulai ini, bahkan hidangan ini menjadi salah satu kuliner favorit bagi penulis ketika musim durian dikala sang ibu membuatnya.
          Di tempat lainnya (selain Meulaboh, Nagan Raya, Blang Pidie, dan Aceh Selatan) kuliner ini kurang terkenal, bahkan banyak yang belum merasakan hidangan kuliner satu ini, walaupun tampilannya sedikit membuat jijik tapi penulis berani menjamin jika sudah merasakan pasti ketagihan. penasaran dengan rasanya ?. silahkan berkunjung ke Aceh sekalian melihat-lihat negeri yang disebut Serambi Mekkah ini yang juga pernah dilanda Tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

         Sekian dulu Postingan kali ini tentang Gulee Jruék Drién Kuliner Khas Aceh dari Asam Durian, semoga bermanfaat.

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2014. Aykas Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Aykas Site