Apam, Kue Serabi Khas Aceh yang mulai terlupakan

Serabi Rasa Gurih (Serabi Asli) dari Aceh

Apam, Serabi Khas dari Aceh
                AykasSite – Aceh merupakan satu wilayah barat dari Indonesia, tidak hanya memiliki alam yang sangat indah, namun juga citarasa kulinernya yang sangat cocok dengan lidah Indonesia maupun mancanegara misalnya kopi arabika atau Mie Aceh.
                Salah satu kuliner yang juga tidak kalah terkenal adalah Apam (Serabi). Penganan yang dibuat dari campuran tepung beras dengan santan kelapa ini sering dimasak di Aceh saat menghadapi bulan ra’jab atau sering disebut bulan apam. Dimana dibulan tersebut seluruh masyarakat Aceh menggelar kenduri apam. Yang kemudian dibagi-bagikan kepada tetangga dan fakir miskin disekitarnya.
                Seiring perkembangan zaman, sangat disayangkan bahwa tradisi kenduri apam ini mulai berkurang, yang lebih menyedihkan lagi banyak generasi muda yang menjadi asing bahkan tidak mengetahui terhadap penganan tersebut.
                Apam tersebut ada 4 jenisnya. Yaitu :
1.       Apam rasa gurih
2.       Apam rasa daun pandan
3.       Apam Kelapa dan
4.       Apam Ketela
Apam rasa gurih yaitu apam asli Aceh yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air santan dan parutan kelapa. Apam ini tak menggunakan gula pasir sebagai pemanisnya, cukup menggunakan air kelapa. Selanjutnya apam kelapa, daun pandan dan ketela adalah perkembangan dari apam rasa gurih tadi. Namun, yang asli tetaplah yang apam rasa gurih yang enak disantap langsung maupun memakai kuah santan.
Namun sangat disayangkan popularitas apam ini mulai dikalahkan oleh berbagai masakan siap saji. Oleh karena itu, marilah kita menjaga agar budaya dan adat kita tidak lenyap, jika kita tidak melestarikannya mungkin satu saat akan terjadi satu fenomena Diana anak cucu kita tidak mengetahui lagi perihal apam tersebut.

Sekian postingan kali ini tentang Apam, Kue Serabi KhasAceh yang mulai terlupakan Terima Kasih
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2014. Aykas Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Aykas Site