Lemang, Penganan Unik Khas Aceh

Penampakan Lemang
                AykasSite – Pada Postingan kali ini Aykassite akan mengulas kembali tentang kuliner Aceh yang mungkin terdengar aneh, namun rasanya yang tiada duanya. Ya penganan tersebut adalah Lemang. Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dicampur dengan santan.

Adapun yang membuatnya unik ialah adonan lemang (beras ketan dan santan) tersebut dimasukkan ke dalam buluh ( Bambu Muda) berdiameter kira-kira 7cm yang terlebih dahulu dilapisi dengan daun pisang untuk menjaga agar beras ketan tidak bersentuhan langsung dengan bambu. Cara memasaknya pun cukup terbilang unik dimana beras ketan yang telah dimasukkan ke dalam buluh bambu tersebut  dibakar tetapi memiliki jarak antara api dengan lemang yang berjarak kurang lebih 20 cm dari api.

Cara Memasak Lemang
Cara penyajiannya pun cukup mudah, pertama-tama belah buluh bambu tersebut dengan parang / pisau. Kemudian keluarkan lemang yang otomatis terbalut dengan daun pisang tadi, dan potong lemang tersebut sepanjang 2-4 cm, lalu sajikan. Lemang ini nikmat disantap dikala panas dan enak dicocol dengan tape ketan maupun dengan buah durian.

Lemang sudah menjadi makanan wajib saat hari Meugang ( 2 atau 3 hari menjelang puasa dan lebaran), dan disaat lebaran. Biasanya disaat meugang dimana seluruh rakyat Aceh merayakannya dengan membeli berbagai daging (Ayam, Kambing, umumnya Lembu/ Kerbau) secara massal. Nah Penganan lemang inipun cocok dipadukan dengan rendang dan gulai lainnya *ajib lah pokoknya*.

Penasaran dengan penganan Lemang ? Silahkan berkunjung ke Aceh untuk merasakannya. Namun jika di kotamadya Lemang ini sedikit sulit untuk ditemukan bukan karena malas. Namun sulitnya mencari buluh yang kalaupun ada harga buluhnya sedikit lebih mahal, jadi jangan merasa terkejut jika harga lemang di kotamadya dengan daerah pesisir akan berbeda. dan penganan ini cocok juga disantap ketika berbuka Puasa.
Ingin mencoba citarasa penganan yang satu ini ? Jangan segan- segan berkunjung ke Aceh. Sekalian berjalan-jalan.  #Visit Aceh


Sekian postingan kali ini tentang Lemang, Penganan UnikKhas Aceh terima kasih.
Share this article :
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

12 Juli 2016 pukul 23.54

Kalau di Malaysia..bila hari lebaran..wajib ada lemang.Disini kami sajikan dgn rendang ayam atau rendang daging.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2014. Aykas Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Aykas Site